Selasa, 01 Januari 2008

Jerawat

Mudah mengatasi Jerawat dengan Baik dan Benar
Ini tips buat remaja dan remaji (maksudnya remaja cowok dan cewek :) yang lagi bingung karena diwajahnya mulai muncul jerawat. Jerawat sebenarnya tidak begitu masalah, tp kalau salah merawatnya ..malah bisa jadi semakin parah.
Dan dengan semakin parahnya jerawat, maka dikhawatirkan :
- wajah akan menjadi kasar karena ada flek-flek bekas jerawat yang sukar sembuh.
- pori-pori wajah akan menjadi lebih lebar dan kasar.
- juga muncul komeda-komedo, baik komedo putih maupun komedo yang berwarna hitam.

Apakah bekas jerawat bisa disembuhkan ? Ada yang bisa, ada yang tidak ..tergantung tingkat kedalaman luka bekas jerawatnya.

Yang perlu Anda ketahui, kulit setiap orang berbeda-beda. Ada yang mudah dihinggapi jerawat, tetapi ada yang sukar dihinggapi jerawat (kalau ada pun paling cuma satu atau dua jerawat saja). Karena itu bagi yang wajahnya peka terhadap jerawat, maka perlakukanlah dengan berbeda pula.

Untuk mengatasi jerawat sebenarnya sangat mudah. Nah, ini tip-tip sederhana (tetapi pasti berhasil) buat kalian :
1. Cucilah sarung bantal kalian sesering mungkin
Bercanda ya ..apa hubungannya dengan jerawat. Wah, hubungannya erat sekali. Kita tiap hari diberi waktu 24 jam, nah 1/3 dari total waktu tersebut akan kita gunakan untuk tidur (8 jam). Dan kalian bisa membayangkan betapa kotornya sarung bantal kalian tersebut :). 1 hari saja bantal itu kita pakai, ada berapa banyak kuman dan kotoran yang menempel di bantal kita tersebut. Termasuk kuman yang akan memperparah jerawat kalian.
Jadi sering-seringlah mencuci sarung bantal kalian, syukur-syukur bisa setiap hari kalian cuci.
--> bila kalian pernah ada yang dirawat di rumah sakit, maka kalian bisa melihat bahwa setiap hari sarung bantal kalian akan diganti dengan sarung bantal yang bersih. Dan ketika kalian keluar dari rumah sakit, kalian akan melihat bawha wajah kalian akan lebih bersih.

2. Pantang makan goreng-gorengan
Wah, kalau ini saya sudah tahu. Iya, tapi tolong lebih disiplin ya. Selama wajah kalian masih dipenuhi jerawat, hindari makan goreng-gorengan. Kalau udah nggak jerawat, boleh deh makan goreng-gorengan asalkan jangan berlebihan loh ..ntar bisa menyebabkan munculnya penyakit yang lain

3. Kurangi penggunaan bumbu-bumbu dapur dalam makanan, termasuk cabe.
Nah saya cerita soal rumah sakit lagi nih. Kalau kalian dirawat di rumah sakit ...aduuuh makanannya nggak enak. Jadi seringkali mencuri-curi minta dibawain makanan dari rumah atau beli dari luar deh, hehehe :)
Biasanya memang makanan di rumah sakit terasa tidak enak karena penggunaan bumbu yang dibatasi, terutama untuk pasien yang membutuhkan diet-diet khusus. Walaupun makanannya terasa hambar (rasanya tawar), tetapi makanan itu baik buat kita kalian loh ..hahaha. Ditambah dengan poin 1 dan 2 tadi, maka dengan pengurangan penggunaan bumbu-bumbu ini, jerawat kalian dijamin akan rontok semua kurang dari 2 minggu.

4. Ikuti aturan membersihkan wajah yang baik dan benar
Nah ini informasi buat kalian dalam membersihkan wajah:
a. gunakan sabun muka cukup 1 x sehari
kalau dirasa wajah memang kotor sekali karena banyak kegiatan, maksimal 2 x sehari. Ingat jangan berlebihan, karena malah akan membuat wajah mudah teriritasi
b. ketika mencuci wajah, usapkanlah sabun muka dengan lembut. Benar-benar dengan lembut! Jangan ada penekanan dan jangan terlalu lama membersihkan wajah kalian dengan sabun muka.
c. kalau kalian menggunakan handuk untuk mengeringkan muka, gunakan handuk dengan lembut

5. Kegiatan dan Olah raga
Masa remaja itu sering disebut masa pubertas dan penuh gejolak emosi. Kegiatan yang positif atau olah raga akan membantu kalian untuk meredam gejolak itu.

Nah, kalau kalian bisa mengikuti 5 langkah di atas, maka kalian benar-benar bisa berkata "Selamat Tinggal Jerawat !"

Tidak ada komentar: